Minggu, 19 Juni 2016

Pristiwa sekitar proklamasi sehingga terbentuknya NKRI


Titin sumarni/s1/iv
            Proklamasi adalah persyaratan suatu bangsa untuk bebas dari penjajahan. Bangsa indonesia telah melewati peristiwa itu setelah pada tangal 17 Agustus 1945 memproklasikan kemerdekaan. Sejak saat itu indonesia berdaulat sebagai negara merdeka dalam bentuk negara kesatuan republik indonesia ( NKRI).
            Diruang makan rumah laksamana muda maeda disusun naskah proklamasi kemerdekaan indonesia .tiga tokoh pemuda yakni sukarni,sudiro,dand.m.diah menyaksikan ir.soekarno dan drs.moh.hatta beserta achmad soebarjo membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan.
            Sedangkan tokoh-tokoh lainnya baikdari golongan tua maupungolongan mudamenunggu diserambi depan rumah laksamana muda maeda.ir.soekarno menulis konsep proklamasi dengan sumbangan pemikiran dari mr.achmad soebardjo dan drs.moh.hatta.kalimat pertama yang berbunyi"kami bangsa indonesia" berasal dari achmad soebardjo. Kalimat kedua oleh ir.suekarno yang berbunyi"hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain akan diselenggarakan dengan cara yang secermat-cermatnya serta dalam tempo yang sesingkat-singkatnya".kedua kalimat ini kemudian digabung dan disempurnakan oleh moh.hatta sehingga berbunyi seperti teks proklamasi yang kita miliki sekarang.
            Setelah konsep teks proklamasi ditunjukkan kepada yang hadir maka terjadilah perbedaan pendapat ,yakni siapa yang menandatangani.ir.soekarno mengusulkan agar semua yang hadir ikut menandatangani.hal ini tidak disetujuipara pemuda karena menurut mereka pemudalah yang mewakili rakyat sehingga berhak menandatangani.sedangkan ppki hanya wakil pihak jepang.akan tetapi akhirnya tercapailah kesepakatan atas usul sukarni bahwa yang menandatangani cukup suekarno dan hatta saja atas nama bangsa indonesia. Selanjutnya naskah itu diketik oleh sayuti malik dengan beberapa perubahan.
            Setelah naskah proklamasi kemerdekaan selesai disusun pada tanggal 17 agustus 1945 dini hari maka masih timbul persoalan tentang bagaimana caranya menyebarluaskan naskah tersebut keseluruh indonesia.sukarni melaporkan bahwa lapangan ikada(monas) sebagai tempat yang  telah  disiapkan untuk pembacaan teks proklamasi.namun setelah mendengar kabar bahwa lapangan ikada telah dijaga oleh tentara jepang,ir.soekarno mengusulkan agar upacara proklamasi dilakukan di rumahnya di jalan pegangsaan timur no.56 jakarta.hal inidimaksudkan agar tidak terjadi bentrokan dengan pihak militer jepang.
            Usulan ini disetujui dan akhirnya berlangsunglah upacara pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustus 1945.sebelum teks proklamasi kemerdekan indonesia dibacakan ,terlebih dahulu soekarno menyampaikan pidatonya.
"saudara-saudara sekalian! Saya sudah meminta saudara-saudara hadir disini untukmenyaksikan satu pristiwa maha penting dalam sedjharah kita.berpuluh-puluh tahunkita bangsa indonesia telah berdjoang untuk kemerdekaan tanah air kita.bahkan telah berates-ratus tahun! Gelombangnya aksi kita untuk mentjapai kemerdekaan kitaitu ada naik da nada turunnya,tetapi djiwa kita tetap menudju kearah tjita-tjita.
            Djuga di dalam djaman"djepang usaha kita untuk mendjapai kemerdekaan nasional tidak henti-henti.di dalam djaman djepang ini,tampaknja sedja kita menjandarkan diri kepada mereka.tetapi pada hakekatnya tetap kita menjusun tenaga kita sendiri,tetap kita pertjaja kepada kekuatan sendiri.sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasibtanah air di dalam tangan kita sendiri.hanja bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri akan dapat berdiri dengan kuatnja.
            Maka kami,tadi malam telah mengadakan musjawarah denga pemuka-pemuka rakyat indonesia dan dari seluruh indonesia.permusjawaratan itu seia sekata berpendapat bahwa sekaranglah dating saatnja utuk menyatakan kemerdekaan kita.saudara-saudara!Dengan ini kami njatakan kebulatan tekad itu.dengarlah proklamasi kami:
Ada beberapa perubahan dalam teks ini dan hasilnya dibawah ini
Proklamasi
Kami bangsang indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan indonesia
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain,diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Djakarta,hari 17 boelan8 tahoen '05
Atas nama bangsa indonesia
Soekarno/hatta
            Teks proklamasi ini akhirnya diproklamirkan pada hari jumat legi pada pukul 10.00 wib di jalan pegangsaan timur no.56 jakarta.
            Adapun acara sebenarnyayang direncanakan adalah sebagai berikut:
1.pembacaan proklamasi ,disampaikanoleh soekarno didahului pidato singkat seperti diatas.kemudian dilanjutkan dengan pidato singkat penutup berbunyi sebagai berikut.
Demikianlah,saudara-saudara!
Kita sekarang telah merdeka!
Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita!
Mulai saat ini kita menyusun negara kita!Negara merdeka,negara republik indonesia,merdeka kekal dan abadi.
Insya allah,tuhan memberkati kemerdekaan kita.
2.pengibaran bendera merah putih.pengibaran dilaksanakan oleh suhud dan latief hendradiningrat.
            Namun secara spontan peserta menyanyikan lagu indonesia raya,sehingga sampai sekarang pengibaran bendera merah putih dalam setiap upacar bendera selalu diiringi lagu kebngasaan indonesia raya.bendera merah putih sebelumnya sudah dipersiapkan dan dijahit oleh ibu fatmawati.
3.sambutan wali kota suwirjo dan dr.muwardi
            Pristiwa besar tersebut hanya berlangsung lebih kurang satu jam lamanya.namun demikian pengaruhnya besar sekali,sebab pristiwa tersebut telah membawa perubahan yang luar biasa dalam kehidupan bangsa indonesia,proklamasi kemerdekaan indonesiaitu bukan hanya sebagai tanda bahwa sejak itu bangsa indonesia telah merdeka,tetapi disisi lain juga merupakan detik pembangunan bagi tertib hokum nasional,yaitu tertib hokum indonesia.
            Sejarah perjuangan  kemerdekaan bzngsa indonesia yang berabad-abad lamanya dan dengan didorong oleh amanat penderitaan rakyat telah mencapai titik kulminasinyapada detik proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945.proklamasi kemerdekaan itu merupakan salah satu sarana untuk merealisasikan masyarakat indonesia yang merdeka,berdaulat,adil dan makmur,serta untuk ikut membentuk " dunia baru" yang damai dan abadi bebas dari penghisapan manusia oleh manusia dan bangsa oleh bangsa lain.untuk mewujudkan tujuan proklamasi kemerdekan indonesia tersebut ,maka mulai tanggal 18 agustus 1945 ppki melaksanakan langkah-langkahnya untuk mengisi kesempurnaan indonesia sebagai negara yang berdaulat.
            Proklamasi kemerdekaan indonesia telah terlakasana dengan tertib dan aman.bentrokan berdarah yang dikhawatirkan oleh semua pihah tidak terjadi.pemindahan kekuasaan dilaksanakan sangat hati-hati untuk mengurangi jatuh korban sia-sia.kini telah lahir lagi negara merdeka dan berdaulat.untuk mengenang peristiwa proklamasi yang bersejarah tersebut,dihalam gedung jalan pegangsaan timur no.56 jakarta dibangunlah sebuh tugu peringatan proklamasi.jalan di depan gedung tersebut kemudian diberi nama jalan proklamasi.dijalan tersebut juga dibangun monumen proklamasi soekarno –hatta.
            Peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia memiliki makna yang luas dan dalam bagi bangsa indonesia ,antara lain sebagai berikut.
1.merupakan titik kulminasi perjuangan bangsa indonesia dalam rangka mencapai kemerdekaan yang berlangsung lebih kurang 400 tahun.
2.merupakan awal bebasnya bangsa indonesia dari kekuasaan bangsa asing dan menjadi bangsa yang berdiri sendiri.
3.merupakan sumber hokum yang menegaskan mulai berdirinya negara kesatuan riyang merdeka dan berdaulat.
4.merupakan momentum politik terbebasnya bangsa indonesia dari kekuatan bangasa lain,dan bangsa indonesia menjadi bangsa yang sederajad dengan bangsa lain didunia.
5.merupakanmanifesto politik perjuangan dalam mewujudkan indonesia yang merdeka dan berdaulat

Daftar pustaka
Asril.2016.sejarah indonesia dari penjajahan jepang hingga kemerdekaan.fkip universitas riau,pekanbaru.
Dewi yulanti.sistem propaganda  jepang di indonesia 1942-1945
Djoened,marwanti.1984.sejarah nasional indonesia iv.balai pustaka,jakarta.
Djoened, Marwati P.N.N.Sejarah nasional indonesia V: balai purtaka, Jakarta.
Sartono,Kartodirdjo.pengantar sejarah indonesia baru jilid 2:Jakarta,Penerbit P.T Granmedia Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar