Senin, 11 Januari 2016

KEPULAUAN SOLOMON DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DAN KETERLIBATANYA DENGAN BANGSA-BANGSA ASING DAN DALAM PERANG DUNIA


NURMI SUARI/ 14/ A/SAO


A. Kepulauan Solomon
Kepulauan solomon adalah negara berdaulat yang terdiri dari sejumlah besar pulau-pulau di Oseania berbaring di sebelah timur Papua Nugini dan barat laut dari Vanuatu dan meliputi daerah seluas 28.400 kilometer persegi (11.000 mil persegi). Ibukota negara, Honiara, terletak di pulau Guadalcanal. Negara ini mengambil nama dari kepulauan Kepulauan Solomon, yang merupakan kumpulan dari Melanesia pulau yang juga mencakup Kepulauan Utara Solomon (bagian dari Papua New Guinea), tetapi tidak termasuk pulau-pulau terpencil, seperti Rennell dan Bellona, ​​dan Kepulauan Santa Cruz. Pulau-pulau telah dihuni selama ribuan tahun. Tahun 1568, navigator Spanyol Alvaro de Mendana adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi mereka, penamaan mereka Islas Salomon. Inggris didefinisikan wilayahnya menarik di Kepulauan Solomon kepulauan pada bulan Juni 1893, ketika Kapten Gibson RN, dari HMS Curacoa, menyatakan Kepulauan Solomon selatan
sebagai Protektorat Inggris dengan proklamasi Inggris Solomon Islands Protektorat. Selama Perang Dunia II, yang kampanye Kepulauan Solomon (1942-1945) melihat pertempuran sengit antara Amerika Serikat dan Kekaisaran Jepang, seperti seperti dalam Pertempuran Guadalcanal. Nama resmi maka wilayah luar negeri Inggris berubah dari "the British Solomon Islands Protektorat" ke "Kepulauan Solomon" pada tahun 1975. Pemerintah sendiri dicapai pada tahun 1976. Kemerdekaan diperoleh dua tahun kemudian. Hari ini, Kepulauan Solomon adalah monarki konstitusional dengan Ratu Kepulauan Solomon, saat Ratu Elizabeth II, sebagai yang kepala negara. Manasye Sogavare adalah saat Perdana Menteri Kepulauan Solomon.


B .Etimologi
Tahun 1568, navigator Spanyol Alvaro de Mendana adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi kepulauan Kepulauan Solomon, penamaan itu Islas Salomon ("Kepulauan Solomon") setelah kaya Alkitab Raja Salomo. Dikatakan bahwa mereka diberi nama ini di asumsi keliru bahwa mereka mengandung kekayaan besar. Selama sebagian besar masa pemerintahan Inggris wilayah secara resmi bernama "British Solomon Islands Protektorat".Pada 22 Juni 1975 wilayah ini berganti nama "Kepulauan Solomon". Ketika Kepulauan Solomon merdeka pada tahun 1978 mereka mempertahankan nama. Artikel yang pasti, "yang", bukan bagian dari nama resmi negara itu, tetapi kadang-kadang digunakan, baik dalam maupun luar negeri.
C. Sejarah   
Hal ini diyakini bahwa Papua pemukim -Berbicara mulai berdatangan sekitar 30.000 SM. Austronesia speaker tiba c. 4000 BC juga membawa unsur-unsur budaya seperti perahu cadik. Antara 1200 dan 800 SM nenek moyang Polinesia, yang Lapita orang, tiba dari Kepulauan Bismarck dengan karakteristik mereka keramik.
D. Solomon dalam hubungan dengan Eropa (1568)
Orang Eropa pertama yang mengunjungi pulau-pulau adalah Spanyol navigator Álvaro de Mendana de Neira, yang berasal dari Peru pada tahun 1568. Orang-orang dari Kepulauan Solomon yang terkenal pengayauan dan kanibalisme sebelum kedatangan orang Eropa. Misionaris mulai mengunjungi Kepulauan Solomon pada pertengahan abad ke-19. Mereka membuat sedikit kemajuan pada awalnya, karena "blackbirding" (perekrutan sering brutal atau penculikan pekerja untuk perkebunan gula di Queensland dan Fiji) menyebabkan serangkaian pembalasan dan pembantaian. Kejahatan perdagangan buruh diminta Inggris untuk menyatakan protektorat atas selatan Kepulauan Solomon pada bulan Juni 1893. Pada tahun 1898 dan 1899, pulau-pulau terluar yang lebih ditambahkan ke protektorat tersebut; pada tahun 1900 sisa nusantara, daerah yang sebelumnya di bawah yurisdiksi Jerman, dipindahkan ke pemerintahan Inggris terpisah dari pulau Buka dan Bougainville, yang tetap berada di bawah pemerintahan Jerman sebagai bagian dari Jerman Nugini. Perdagangan tradisional dan hubungan sosial antara Kepulauan Solomon barat Mono dan Alu (yang Shortlands) dan masyarakat tradisional di selatan Bougainville, bagaimanapun, terus tanpa halangan.
Misionaris menetap di Solomon bawah protektorat, mengubah sebagian besar penduduk Kristen. Pada awal abad ke-20 beberapa perusahaan Inggris dan Australia mulai penanaman kelapa skala besar. Pertumbuhan ekonomi lambat, namun, dan pulau manfaat sedikit. Pada tahun 1908 pulau-pulau yang dikunjungi oleh Jack London, yang berlayar Pasifik di perahu, snark.
E. Solomon dalam Perang Dunia Kedua
Dengan pecahnya Perang Dunia II paling pekebun dan pedagang dievakuasi ke Australia dan sebagian besar budidaya berhenti. Beberapa pertempuran paling intens perang terjadi di Solomon. Yang paling signifikan dari operasi Angkatan 'Sekutu melawan Kekaisaran Jepang Angkatan diluncurkan pada 7 Agustus 1942 dengan pemboman angkatan laut simultan dan pendaratan amfibi di Kepulauan Florida di Tulagi dan Pantai Merah di Guadalcanal. The Battle of Guadalcanal menjadi kampanye penting dan berdarah bertempur dalam Perang Pasifik sebagai Sekutu mulai memukul mundur ekspansi Jepang. Kepentingan strategis selama perang adalah Coastwatchers beroperasi di lokasi terpencil, sering diadakan di pulau-pulau Jepang, memberikan peringatan dini dan kecerdasan gerakan angkatan laut, angkatan darat dan pesawat Jepang selama kampanye. Sersan Mayor Jacob Vouza adalah coastwatcher terkenal yang setelah penangkapan menolak untuk membocorkan informasi Sekutu meskipun interogasi dan penyiksaan oleh pasukan Kekaisaran Jepang.
Dia dianugerahi Medali bintang perak oleh Amerika, yang merupakan dekorasi tertinggi ketiga Amerika Serikat untuk keberanian dalam pertempuran. Kepulauan Biuku Gasa dan Eroni Kumana akan dicatat oleh National Geographic untuk menjadi yang pertama untuk menemukan terdampar John F. Kennedy dan krunya dari PT-109. Mereka menyarankan menggunakan kelapa untuk menulis pesan penyelamatan untuk pengiriman oleh perahu sampan, yang kemudian disimpan di mejanya ketika ia menjadi presiden Amerika Serikat. Kepulauan Solomon adalah salah satu daerah pementasan utama dari Pasifik Selatan dan adalah rumah bagi terkenal VMF-214 "Black Sheep" Skuadron diperintahkan oleh Mayor Greg "Pappy" Boyington. "The Slot" adalah nama untuk New Georgia Suara, ketika digunakan oleh Tokyo Express untuk memasok garnisun Jepang di Guadalcanal. Lebih dari 36.000 Jepang di Guadalcanal, sekitar 26.000 tewas atau hilang, 9.000 meninggal karena penyakit, dan 1.000 ditangkap.
F. Kemerdekaan solomon pada tahun 1978
Dewan lokal yang didirikan pada tahun 1950 sebagai pulau stabil dari setelah Perang Dunia Kedua. Sebuah konstitusi baru didirikan pada tahun 1970 dan pemilu diadakan, meskipun konstitusi ditentang dan yang baru diciptakan pada tahun 1974. Pada tahun 1973 pertama guncangan harga minyak terjadi, dan peningkatan biaya menjalankan sebuah koloni menjadi jelas bagi administrator Inggris. Setelah kemerdekaan tetangga Papua Nugini dari Australia pada tahun 1975, Kepulauan Solomon memperoleh pemerintahan sendiri pada tahun 1976. Kemerdekaan diberikan pada tanggal 7 Juli 1978. Perdana Menteri pertama adalah Sir Peter Kenilorea, dan Kepulauan Solomon mempertahankan Monarki. Pada bulan September 2012, Duke dan Duchess of Cambridge mengunjungi pulau-pulau untuk menandai ulang tahun ke-60 dari aksesi Ratu Elizabeth II.
G. Militer
Meskipun direkrut secara lokal Inggris Solomon Islands Protektorat Angkatan Pertahanan adalah bagian dari Pasukan Sekutu mengambil bagian dalam pertempuran di Solomon selama Perang Dunia Kedua, negara belum punya kekuatan militer reguler sejak kemerdekaan. Berbagai elemen paramiliter dari Kerajaan Kepulauan Solomon Kepolisian (RSIPF) dibubarkan dan dilucuti pada tahun 2003 menyusul intervensi dari Misi Bantuan Regional untuk Kepulauan Solomon (RAMSI). RAMSI memiliki detasemen militer kecil dipimpin oleh seorang komandan Australia dengan tanggung jawab untuk membantu unsur polisi RAMSI dalam keamanan internal dan eksternal. The RSIPF masih mengoperasikan dua kapal patroli kelas Pacific (RSIPV Auki dan RSIPV Lata), yang merupakan angkatan laut de facto dari Kepulauan Solomon. Dalam jangka panjang, hal ini diantisipasi bahwa RSIPF akan melanjutkan peran pertahanan negara. Polisi dipimpin oleh komisaris, ditunjuk oleh gubernur jenderal dan bertanggung jawab kepada Menteri Kepolisian, Keamanan Nasional & Layanan Pemasyarakatan.
 Anggaran polisi Kepulauan Solomon telah tegang akibat perang saudara empat tahun. Setelah Topan Zoe mogok 's di pulau Tikopia dan Anuta pada bulan Desember 2002, Australia harus memberikan pemerintah Kepulauan Solomon dengan 200.000 dolar Solomon ($ 50.000 Australia) untuk bahan bakar dan pasokan untuk kapal patroli Lata untuk berlayar dengan pasokan bantuan. (Bagian dari pekerjaan RAMSI termasuk membantu pemerintah Kepulauan Solomon untuk menstabilkan anggaran.) 
H. Kelompok Etnis, Bahasa dan Agama
Mayoritas Kepulauan Solomon adalah etnis Melanesia (94,5%). Polinesia (3%) dan Mikronesia (1,2%) adalah dua kelompok penting lainnya. Ada beberapa ribu etnis Tionghoa. Sementara Inggris adalah bahasa resmi, hanya 1-2% dari populasi berbicara bahasa Inggris. The lingua franca adalah Solomons Pijin. Jumlah bahasa daerah yang terdaftar untuk Kepulauan Solomon adalah 74, yang 70 bahasa hidup dan 4 punah, menurut secara etomologi, Bahasa Dunia. bahasa Melanesia (terutama dari kelompok Solomonik Tenggara) yang diucapkan pada pulau pusat. Bahasa Polinesia diucapkan pada Rennell dan Bellona ke selatan, Tikopia, Anuta dan Fatutaka ke timur jauh, Sikaiana ke utara timur, dan Luaniua ke utara (Ontong Java Atoll, juga dikenal sebagai Howe Atoll Tuhan). Populasi imigran dari Gilbert (i-Kiribati) berbicara bahasa Mikronesia.
Agama Kepulauan Solomon terutama Kristen (terdiri dari sekitar 92% dari populasi). The denominasi Kristen utama adalah: Anglican Church of Melanesia 35%, Katolik Roma 19%, Laut Selatan Gereja Injili 17%, United Church di Papua Nugini dan Kepulauan Solomon 11% dan Advent Hari Ketujuh 10%. Lain 5% mematuhi keyakinan asli. Sisanya mematuhi Islam, yang Baha'i Faith, Saksi-Saksi Yehuwa, dan Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir (Gereja LDS). Menurut laporan terbaru, Islam di Kepulauan Solomon terdiri dari sekitar 350 Muslim, [36] termasuk anggota Komunitas Muslim Ahmadiyah. [37]
I. Pendidikan dan kebudayaan
Pendidikan di Kepulauan Solomon tidak wajib dan hanya 60 persen anak-anak usia sekolah memiliki akses ke pendidikan dasar. Dari tahun 1990 hingga 1994, pendaftaran sekolah dasar bruto naik dari 84,5 persen menjadi 96,6 persen. tingkat kehadiran sekolah dasar yang tidak tersedia untuk Kepulauan Solomon pada tahun 2001. Sementara tingkat partisipasi menunjukkan tingkat komitmen untuk pendidikan, yang mereka lakukan tidak selalu mencerminkan partisipasi anak di sekolah. Upaya dan rencana yang dibuat oleh Departemen Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk memperluas fasilitas pendidikan dan meningkatkan partisipasi telah terhalang oleh kurangnya dana dari pemerintah, program pelatihan guru sesat, miskin koordinasi program, dan kegagalan pemerintah untuk membayar guru. Persentase anggaran pemerintah yang dialokasikan untuk pendidikan 9,7 persen pada tahun 1998, turun dari 13,2 persen pada tahun 1990. Pendidikan pria cenderung lebih tinggi dari pendidikan perempuan. The University of South Pacific memiliki Kampus di Kepulauan Solomon sementara Universitas Papua Nugini juga telah membentuk pijakan di negara di Guadalcanal.
Dalam budaya tradisional Kepulauan Solomon, kebiasaan kuno yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, diduga dari roh leluhur sendiri, untuk membentuk nilai-nilai budaya dari Kepulauan Solomon.
Daftar pustaka
-   Modul Sejarah Australia Dan Oceania. Asril,Mpd.

2 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya.
    boleh saya minta alamat email kamu?
    Saya memiliki tugas kuliah terkait kepulauan Solomon. Jika Anda keberatan, ini email saya aliyah.alimun@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

      Hapus