Selasa, 15 Desember 2015

Kristenisasi Seorang Vladimir Svyatoslavich


Cici Arifin/PIS A

Negara federasi  dengan wilayah mencakup kawasan Eropa Timur dan Asia Utara, perbatasan dengan Norwegia, Finlandia, Estonia,Latvia, Belarus dan Ukraina di sebelah barat, Georgie dan Azerbaijan disebelah baratdaya, Kazakhta,Mongolia,R.R.Cina dan Korea utara dan selatan. Luas 17.075.400 km2, penduduk 149.469.000 jiwa, kepadatan penduduk 9/km2. Bahasa Rusia resmi, agama mendominan adalah Ortodoks Rusia, Katolik Roma,Protestan, namun ada juga Islam dan Yahudi sebagai agama minoritas dengan Ibu Kota Moskwa dan bermata uang Rubel.

Otokrasi (Tsar) dan Otokrasi (agama) merupakan dua elemen penting yang saling mendukung dalam membentuk dan mengatur sistem masyarakat Rusia. Tsar di  satu sisi di beri legitimasi religius sebagai wakil Tuhan di dunia, dengan demikian memiliki kekuasaan mutlak untuk mengatur negara sebagaimana "kehendak Tuhan". Sementara Ortodoksi atau kalangan gereja mendapatkan berbagai otoritas, privilege dan kemandirian untuk mengatur urusan gereja. Gereja telah memunculkan kesadaran nasional selama invasi tartar, melahirkan pemimpin-pemimpin nasional pada Masa Kegelapan (Smutnoe Vremya) serta mengantisipasi pengaruh Eropa Barat. Dalam perannya sebagai pemimpin Ortodoks Timu, Geraja Moskow secara konsisten menolak supremasi Paus dan mendukung kekuatan untuk bertahan dari usaha-usaha invertensi Polandia atas Rusia.
Agama Kristen ortodoks secara resmi diadopsi pada akhir abad X pada masa Vladimir Svyatoslavich. Namun demikian hingga beberapa abad berikutnya gereja ini secara hierarkis masih berada di bawah kekuasaan Konstatinopel. Perjalanan menuju kemandirian institusi Gereja Ortodoks Rusia berlangsung secara bertahap.
Setelah sekian lama kaum Ortodoks Rusia dipimpin oleh pemimpin-pemimpin spiritual dari Byzantium, baru pada abad XI Kiev memiliki seorang Metropolitan. Metropolitan Theopemt, merupakan tokoh spiritual pertama yang dipilih oleh Patriach Konstatinopel untuk memimpin hierarki Rusia pada tahun 1036. Theopemt adalah seorang Yunani yang berjasa dalam penyebaran Kristen Timur ke suku-suku Slavia di wilayah kekuasaan kepangeranan Kiev. Orang Rusia pertama yang menjadi metropolitan adalah Ilarion. Pendeta yang mengarang buku "Slovo o Zakone i Blagodaty" (sekitar 1049 M) ini dipilih sendiri oleh Pangeran Yaroslav Mudry tanpa minta persetujuan dari Konstatinopel.

 Ketika Kepangeran Kiev mengalami kemunduran di abad XIII kepemimpinan ortodoksi dipindahkan ke Vladimirsk, pusat pemerintahan di Timur-Laut Rusia.
Setelah jatuhnya Konstatinopel pada tahun 1453 M, Moskow mengklaim diri sebagai pusat Ortodoks Yunani dan Imperium Roma III. Pada tahun 1589 Metropolitane Moskow meraih status menjadi Patriarchat. Demikian, sementara masih merupakan bagian dari gereja Ortodoks Yunani, gereja Moskow merupakan gereja nasional yang dikenal dengan Gereja Ortodoks Rusia.
Naiknya status Gereja Moskow menjadi patriarchat ini mendapat restu dari pemimpin keempat Pariarchat yakni: Konstatinopel, Alexandria,Anthiocia dan Yarussalem. Pada abad XVII Patriarchat Nikon (1652-1666) mengadakan 'reformasi' dengan mengadakan pembetulan buku pedoman gereja dan tatacara ibadah, namun upaya ini ditentang oleh sebagian besar penganut Ortodoksi. Peristiwa ini menimbulkan gejolak perpecahan (raskol) dalam kepercayaan lama (Starooobryadovtsy) meyakini kejadian itu sebagai pertanda datangnya anti-Kristus dan mengadakan aksi bakar diri, sebagian mereka memilih keluar dari gereja dan membentuk pemukiman sendiri berdasarkan tafsiran yang mereka yakini.
Berkaitan dengan reformasi yang dilakukan Peter Agung, institusi Patriarchat Moskow dihapus pada tahun 1721 dan diganti dengan Sinode Suci. Selanjutnya sebuah dewan gereja mengembalikan Patriarchat pada tahun 1917 setelah tumbangnya sistem monarki Rusia. Namun setelah kematian Patriarchat Tikhon (1925), penguasa Soviet, tidak mengizinkan lagi pemilihan Patriarch baru.
Walau mendapat larangan dari pemerintah Soviet, pemilihan Patriarch telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan Gereja Ortodoks Rusia. Patriarch Sergei (1943-1944), Aleksei I (1945-1970) dan patriarch Pimen (1971-1990) berturut-turut menjadi pemimpin spritual Rusia di era komunisme. Sejak 1990 sampai sekarang Gereja Ortodoks Seluruh-Rusia dipimpin oleh Patriarch Aleksei II (lahir tahun 1929)
Di Rusia para Rohaniwan (clergy) dibedakan menjadi dua kelas, reguler dan sekunder. Rohaniwan reguler adalah mereka yang telah mengambil sumpah monastik  (monastik vows) dan dikenal sebagai Rohaniwan Hitam (Black Clergy), merekalah yang berkesempatan meraih tingkatan tinggi dalam hierarki gereja. Sedangkan rohaniwan sekuler (White Clergy)  bertugas melayani kebutuhan spiritual masyarakat sebagai pastor paroki, mereka diperbolehkan menikah dan biasanya posisi mereka turun-temurun.
 Pada abad XVI muncul serangkaian protes terhadap kekayaan gereja dan ketidakpedulian para rohaniwan. Desakan reformasi dilakukan oleh mereka yang menginginkan sekularisasi tanah gereja. Sebuah kelompok kecil bernama Trans-Volga Elders, memprotes atas kekayaan gereja dan menyarankan agar tanah-tanah tersebut dilepaskan dan kembali kepada kerendahan hati Kristus dan kemiskinan. Sementara disisi lain, sebagian rohaniwan menyatakan bahwa kekayaan adalah penting untuk melaksankan tugas gereja.
Kristenisasi Rusia abad X merupakan peristiwa yang sangat penting. Diadopsinya Kristen Timur membawa konsekuensi Rusia terhindar dari pengaruh Katolik Roma yang merupakan inti budaya Eropa. Ortodoksi membawa alur kultural yang pada gilirannya membedakan Rusia dari bangsa-bangsa Eropa Barat.
Pada awal kekristenan Rusia, para guru dan pendeta Yunani mengawasi urusan dalam gereja Rusia, tetapi setelah kejatuhan Konstatinopel, gerejawan Rusia di bantu oleh para penguasa mengurusi hal tersebut. Moskown di proklamirkan  sebagai Roma ketiga dan satu abad kemudian Metropolitan Moskow naik statusnya menjadi Patriarch. Beberapa sejarahwan meliahat ini dalam kepercayaan  orang Rusia merekalah yang memegang kebenaran, semangat messianisme sebagaimana tercermin pada masa soviet. Pada abad XIX para pendukung otokrasi mengeksploitir perasaan ini dengan penekanan bahwa Tsar adalah wakil Tuhan di dunia.
Kristenisasi Rusia merupakan tahapan penting yang membawa babak baru dalam perkembangan kebudayaan Rusia. Secara politis peristiwa ini juga merupakan momentum penting bagi emansipasi posisi bangsa Rusia dalam pergaulan internasional. Kristenisasi Rusia di satu sisi memberikan rasa percaya diri bangsa Rusia dalam pergaulan di antara negara-negara beradab, di sisi lain mendekatkan bangsa ini dengan Byzantium yang memiliki nilai strategis bagi perdagangan dan keamanan Rusia.
Kristenisassi  memungkinkan Rusia menjadi bagian integral peradaban Byzantium dengan diadopsinya berbagai produk peradaban bangsa ini ke dalam struktur peradaban bangsa Rus. Diciptakannya alfabet Rusia yang mengadobsi alfabet Yunani oleh para misionaris Byzantium: St.Kiril dan Mifody (latin:St-Cyrilus dan Methodius) merupakan satu contoh proses pe-Rusia-an unsur budaya Yunani. Mengenai proses kristenisasi Rusia itu sendiri terdapat beberapa pandangan yang berbeda.
Menurut catatan dalam Povest Vremennikh Let disebutkan bahwa pada sebuah dewan khusus, Pangeran Vladimir I mendengarkan masukan dari duta-duta yang dikirimnya secara khusus ke berbagai penjuru untuk mendapatkan informasi tentang kehidupan masyarakat di berbagai negara. Mereka dikirim ke negara-negara tetangga seperti Bolgaria (Islam), Kaganat Khazar (Yahudi) dan negara-negara Barat (Katolik), untuk mempelajari agama dan diharuskan memberikan laporan para duta tersebut, Pangeran Vladimir I kagum dan bermaksud memeluk agama Kristen Ortodoks. Pada tahun 988 masehi terjadi perang antara Rus dengan Yunani. Vladimir bersama pasukannya bertolak ke Korsun dan berhasil menaklukan kota tersebut. Ia meminta Kaisar Byzantuim, Vasily untuk menyerahkan adiknya untuk dijadikan permaisuri. Vasily setuju asalkan Vladimir terlebih dahulu memeluk Kristen Ortodoks.  Setelah Vladimir setuju, kaisar Byzantium mengirim adiknya,Anna untuk dikawinkan dengan Vladimir. Setelah itu ia mengumumkan kepada masyarakat Kiev agar memeluk Kristen dan mengancam "mereka yang tidak mematuhinya dianggap sebagai musuh pangeran"
Versi lain mennyebutkan bahwa karena kerusuhan yang terjadi di Kurson, Tsar Byzantium meminta bantuan Pangeran Kiev (Vladimir) untuk memadamkan kerusuhan itu. Vladimir setuju dan menyiapkan pasukan untuk membantu mengatasi kerusuhan tersebut dan ketika kerusuhan berhasil dipadamkan, Vladimir meminta agar Kaisar Byzantium untuk mengirim adiknyauntuk dipersunting. Namun, kaisar mengatakan tak mungkin mengawinkan adiknyadengan seorang kafir (tak berguna). Maka Vladimir rela untuk memeluk agama Kristen Byzantium, setelah terlebih dahulu mengutus duta-dutanya ke Byzantium. Namun demikian adik sang kaisar tak kunjung dikirimkan,baru pada tahun 990 Masehi Anna dikirimkan ke kiev dan Vladimir melakukan Kristenisasi bangsa Rus. Sejak itulah dibangun gereja-gereja,sementara patung-patung yang menjadi symbol kepercayaan lama dihancurkan.
Proses kristenisasi tentu saja menimbulkan perlawanan masyarakat Rus yang telah sekian lama hidup dalam kesadaran dan kepercayaan lama yang paganistik. Persebaran agama di tanah Rus berlangsung cukup lambat, khususnya di daerah pinggiran(Orlov,2000:31). Tak dapat di pungkiri bahwa pengabdosian Kristen Ortodoks merupakan tonggak penting dalam sejarah kebudayaan Rus' kuno. Agama ini merupakan dasar ideology budaya feudal yang berpengaruh kuat dalam kebudayaan Rus' pada abad pertengahan.
Sebelum masuknya Kristen Ortodoks, masyarakat Rus' memiliki kepercayaan paganistik,yang bersumber pada kekuatan alam. Tradisi kepercayaan dan kultus-kultus yang tumbuh dalam masyarakat paganisme, yang di satu sisi merupakan pencerminan ketergantungan manusia kepada alam, disisi lain berperan sebagai penguat dan penghubung pengalaman-pengalaman produksi, pengetahuan-pengetahuan praktis yang konkret yang dikumpulkan dari generasi ke generasi.
Dalam masyarakat paganisme kepercayaan dibagi-bagi dalam beberapa lapisan berdasarkan waktu kemunculannya. Yang paling tua terdiri dari pemberian jiwa kepada alam(Dinamisme), kepercayaan kepada roh jahat yang menguasai objek-objek tertentu, seperti Leshy (penguasa hutan ),vodyany (penguasa air), Rusalka (peri), Berigin dan sebagainya.
Periode berikutnya terbentuklah kultus-kultus  kesukuan, dimana setiap suku memiliki dewa-dewa pelindung masing-masing. Catatan tertulis menyisakan nama-nama dewa yang merupakan symbol kekuatan-kekuatan utama alam dan merupakan pelindung  bagi bidang-bidang tertentu kehidupan, seperti: Dewa petir atau  Halilintar (Perun), dewa matahari (Dazhbog), dewa angina (Stribog), dewa sifat-sifat wanita alam dan pekerjaan wanita (Mokosh), pelindung ternak (Vales atau Volos).
Masuknya Kristen sebagai budaya baru dalam masyarakat Rus pada gilirannya mengalami asimilasi dengan kepercayaan setempat, yang kemudian membentuk corak tersendiri dalam Kristen Rusia.

Daftar  Pustaka
Fahrurodji, A., Rusia baru menuju demokrasi:pengantar sejarah dan latar belakang budayanya/ A.Fahrurodji.—Jakarta : Yayasan obor Indonesia 2005
Ensiklopedia indonesia. -  Ed. Rev. – Jakarta: ichtiar Baru van hoeve, 1997. 
http//:rusia.dan_kristenisasi_kekasiaran(tsar)padamasademokrasiRusia



1 komentar:

  1. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI ALHI dan dia memberikan nomor AKI ALHI,dia bilan kepada saya kalau AKI ALHI bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALHI dan dengan senan hati AKI ALHI ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALHI,di 0823 1366 9888 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI ALHI, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya
    Atau KLIK TOGEL AKURAT 88


























    saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI ALHI dan dia memberikan nomor AKI ALHI,dia bilan kepada saya kalau AKI ALHI bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALHI dan dengan senan hati AKI ALHI ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALHI,di 0823 1366 9888 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI ALHI, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya
    Atau KLIK TOGEL AKURAT 88



    BalasHapus