Gerakan Persamaan Hak Kulit Hitam di Amerika Serikat Tahun 1954-1983


Rut Sontiara/PIS/B

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa Amerika Serikat merupakan negra yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dan demokrasi. Negara tersebut juga telah memahami peristiwa Bill of Right dan dapat melahirkan Decration of Independence . Bill Of Riht yang dianut oleh pemerintah Amerika Serikat telah menempatkan hak asasi manusia pada system hukum Negara tersebut. Salah satu isi dari Bill Of Right diantaranya Negara melanggar adanya perbudakan . ngara harus melindungi hak warga Negara untuk memilih dan menetang penyangkalan atas ras, warna kulit, dan jeni kelamin . selain itu,  Decralation Of Independence telah mendekralasikan bahwa semua manusi di ciptakan sederajat oleh sang pencipta dan mereka di karuniai hak hak tertentu yang tidak dapat dicabut , hak hak tersebut diantaranya adalah hak kehidupan, kemerdekaan, dan usaha untuk mencari kebahagiaan akan tetapi pada kenyataannya Negara amerika belum mampu merealisasikan nilai tersebut . hal ini dibuktikan dengan adanya sikap distriminatif terhadap warga kulit hitam . sikap distriminatif ini berlangsung sampai tahun 1960an .sikap tersebut ditunjukan dengan adanya peraturan yang membeda bedakan fasilitas antara kulitputih dan kulit hitam selain itu sebagian besar massyarakat kulit hitam belum mendapat hak hak sipil . hal hal tersebut telah mendorong munculnya gerakan gerakan social yang dilakukan oleh warga kulit hitam yang menentang segala bentuk diskriminasi . Gerakan ini bertujuan untuk memberikan jaminan hak asasi terhadap semua warga negara serta menghendaki pemerintah yang demokratis .

selain itu kita mengetahui bahwa Amerika Serikat merupakan salah stu Negara yang yang pendududuknya memiliki heterogenitas tinggi . hal ini dibuktikan dengan hidup dan berkembangnya berbagai ras dan etnik dinegara ini . akan tetapi, masyarakat kulit putih di Amerika Serikat sulit untuk mengasimilasi masyarakat kulit hitam . tindakan diskriminasi terhadap warga kulit hitam telah memunculkan pergerakan pergerakan yang mereka lakukan yang menghendaki sutu proses kerah persamaan .
Perjuangan kaum kulit hitam Amerika unruk memperoleh persamaan hak mencapai puncaknya pada pertengahan tahun 1960an .setelah kemenangan progresif ditahun 1950an, orang hitam menjadilebih yakin lagi dengan aksi langsung tanpa kekerasan . kelompok kolompok seperti Serikat Pemimpin Kristen Selatan (Southern Christian LeadershipConference, SCLC), yang terdiri para pendeta kulit hitam dan Komite Pengoordinasi Aksi Damai Mahasiswa(Student Nonviolent Coordinationing Commite, SNCC) yang branggotak aktivis muda .mnghendaki reformasi melalui konfrontasi damai .
            Pada tahun 1960 para mahasiswa kulit hitam duduk ditempat gerakan sidan di Woolwort di Nort Carolina yang menganut pemisahan dan menolak ntuk angkat kaki . aksi duduk mereka mengundang perhatian  para media dan mengilhai sejumlah aksi serupa di selatan .Tahun berikutnya , anggota gerakan hak sipil mengatur perjalanan kebebasan . dimana orang kulit hitam dan kulit putih berbondong bonding naik bus menuju terminal yang masih memisahkan penumpang berdasarkan warna kulit , dimana konfrontassi bias mengundang perhtian media dan membawa perubahan .
Mereka juga melaukan berbagai unjuk rasa yan terbsar adalah Berbaris ke Washington . pada tahun 1963 lebih dari 200.000 orang berkumpul di ibukota Negara untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap persamaan hak kepada semua orang . puncak acara yang diisi lagu dan pidato itu tiba tiba ketika Martin Luter King Jr, juru bicara gerak sipil paling menonjol.tampil berbicara, "saya mempunyai sebuah mimpi bahwa suatu hari nanti diperbukitan merah Georgia , anak anak bekas budan dan anak anak bekas pemilik budak dudu bersama dalam meja persaudaraan"
            Namun retorika gerakan hak sipil ad mulanya tidak berhasil membawa kemajuan . Presiden Kennedy pada awalnya enggan menekan kaum putih di Selatan untuk mendukung gerakan hak sipil karana ia membutuhkan suara ssuara mereka untuk membutuhkan isu isu lain . namun serangkaian peristiwa memaksa . ketika James Meredith ditolak masuk University of Missisippi pada tahun 1962 karena berkulit hitam, kennedy mengirim tentara federal untuk menegakkan hukum . ketika terjadi protes atas penghapusan pemisahan di Birmingham, Alabia yang berujung tindak kekerasan oleh polisi, ia mengirimkan ke kongres rancangan undang undang hak sipil baru yang memberi mandate untuk menyatukan tmpat public . akan tetai Berbais di Washington tak berhasil membuat komite di Kongres melakukan realisassi atas rancangan tersebut yang masih tertahan ketika Kennedy terbunuh
            Presiden Johnson lebih berhassil . orang selatan dari texas ini membuktikan diri untuk perjuangan hak sipil saat ia mengejar kursi kepresidenan . tahun 1963, ia berkata kepada kongres "tak ada pidato perpisahan atau elegi yang lebih bisa menghormati mendiang presiden Kennedy selain meloloskan rancangan undang undang hak sipil secepat mungkin" dengan menggunakan seluruh wewenangnya,  ia membujuk senat untuk membatasi debat dan memastikan lolosnya undang undang hak sipil tahun 1964, yang melarang diskriminasi di seluruh tem
pat umum . tahun berikutnya ia makin mendesaak apa yang kemudian menjadi undang undang hak sipil tahun1965 . peraturann ini memberi wewenang kepada pemerintah pusat mengangkat juru periksa untuk mendaftar pemilihan dimana pejabat lokal tak memberi izin kepada warga kulit hitam setahun sesudah aturan tersebut keluar, 400.000 orang kulit hitam mendaftar di pedalaman selatan , pada tahun 1968 anga tersebut mencapai 1 juta orang dan secara nasional jumlah pejabat yang dipilih orang hitam neningkat tajam . akhirnya pada tahun 1968, kongres meloloskan undng undang hak sipil yang melarang diskriminasi dalam urasan pemilikan rumah 
            Terlepas dari semua kegiatan legislative tersebut.beberapa orang kulit hitam tidak sabar dengan lambatnya kemajuan . Malcon X, seorang aktifis yang fasih berbicara penyerukan pemisah kaum kulit hitam dan kaum kulit putih . Stokely Cermichal seorang pinpinam mahasiswa juga sama kecewa terhadap gerakan anti kekerassan dankerja sama antar ras . Ia berceramah tentang pentingnya kekuassaan orang hitam, yang harus diraih dengan apa pun .
            Seruan kaummilitan untuk perubahan ini mengundang kekerasan . kerusuhan terjadi di beberapa kota besar pada tahun 1966-1967. Pada musim semi 1968 Martin Luter King tewass di tembak seorang pembunuh .beberapa bilan kemudian Senator Robert Kennedy . menemui takdir yang sama . bagi kebanyakan orang, dua pembunuh ini menandai berakhirnya masa kemurnian dan idealism baik di gerakan hak sipil maupun anti perang. Tumbuhnya golongan militant syap kiri, ditambah dengan kegusaran golongan konservatif yang tak terhindar , membuka luka dalam jiwa bagsa ini, yang menamakan waktu bertahun tahun untuk sembuh .
Komitmen federal  untuk hak sipil menurun ketika Ri Chard Nixon menjadi presiden . Nixon bertekat untuk menyatukan basis politiknya dikalangan konsevatif kulit putih yang merasa bahwa gerakan untuk kesetaraan kulit hitam sudah melangka teramat jauh . "stategis selatan'' megirim pemerintah untuk mengurangi bantuan pewujudan pembangunan perumahanyang layak . pada tahun 1970, strategis ini juga dapat diterapkan untuk mencegah perluasan undang undang hak pilih tahun 1965 namun gagal . ketika mahkamah agung pada Tahun 1917 memutuskan bahwa pengangkutan anak anak dengan bus merupkan cara yang bisa dilakukan untuk sekolah yang tidak menganut pemisahan, Nixon mencela putusan tersebut di televisi dan meminta kongres menunda atau melarangnya  . walaupun ia gagal ia menjelaskan posisinya . para penentang kebijakan angkutan bus meraih kemenangan pada tahun 1974 dalam kasusu Milliken V. Bradley, dimana mahkamah agung mengatakan upaya untuk memindahkan siswa kulit hitam yang tinggal di kota ke sekolah pinggiran kota yang didominasi kulit putih adalah tidak legal .   Kegusaran terhadap perlakuan yang lebih condong ke kaum minoritas makin menjadi perkara public dalm kasus Mahkamah Agung 1978 . Allan Bakke seorang kulit putih mengatakan bahwa kuota yang menyediakan tempat bagi pelamar berkulit hitam menjadi penyebab lamarannya untuk masuk kesekolah Kedokteran di California di tolak. pengadilan memerintah agar ia diterim, dengan berpendapatbhwa kuota tak lgi dijalankan . tpi kemudian pengadilan mendukung . pertimbangan ras sebagai salah satu factor relevan daam prosedur penyeleksian.
      Perkembangan hak sipil tersebut mendorong Presiden Lyndon Baines Johnson untuk mengeluarkan undang undang Voting Right Act pada tahun 1965 yang mengatur hak pemberian suara pada seluruh warga Amerika Serikat. Disini lah L.B Johson mulai menghapus syarat syarat pemilihan umum yang akan berujung pada tindakan diskriminasi daiantaranya penghapusan ujian baca tulis dan tes tes lainnya yang mengharuskan masyarakat untuk memastikan ijin jalan sebelum melakukan pemilihan umum . undang undang Civil Right Act yang menghapuskan diskriminasi dalam permukiman . dikeluarkan undang undaang tersebut diharapkan dapat menjadikan Negara Amerika Serikat menjadi Negara yang lebih demokratis bagi seluruh warga Negara .
               Padahal konsep Demokrasi merupakan penerapan praktis teori dasar yang tercantum dalam konstitusi Amerika Serikat yang menjung jung tinggi HAM (hak asasi manusia), masyarakat dapat memberikan suara untuk memilih calon presiden sesuai dengan keinginanya . konsep demokrasi merupkan bentuk pemerintah Amerika Serikat . oleh karena itu dalam sistem demokrasi, rakyat memperoleh kedudukan yang penting . Sistem demokrasi berdasarkan hak asasi manusia karena hak asasi manusia adalah hak kodrati yang diberikan oleh kepada manusia sejak lahir yang tidak bisa diganggu gugat. nusia memiliki hak-hak alamiah yaitu hak-hak yang dimiliki secara pribadi  diantaranya yaitu hak untuk hidup, hak akan kebebasan, hak kemerdekaan dan hak untuk memiliki sesuatu

Daftar pustaka
1.      Cincota, howard. Garis besar sejarah amerika: Pemerintahan Amerika Serikat. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat

No comments:

Post a Comment