Selasa, 15 Desember 2015

ADAT DAN BUDAYA MELAYU DI SIAK SRI INDRAPURA


PUTRI AMELIA / SR

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi budi atau akal diartikan sebagai hal yang Informasi Mengenai berbagai budaya di daerah Siak Sri Indrapura, serta Budaya Kerajaan Siak. Motto terwujudnya Kabupaten Siak sebagai pusat budaya Melayu di Riau yang didukung oleh agribisnis agro industri dan pariwisata yang maju dalam lingkungan Melayu Riau Jawi Pada tahun 1514 terdapat sebuah ekspedisi militer Portugis yang menelusuri Sungai Siak Adat dan budaya Sistem kekerabatan budaya Melayu berasal dari negeri Istana, Siak Sri Indrapura yang sudah mengakar. Sedangkan adat diartikan sama dengan kebiasaan lama dan kuno. Kalau mendengar kata adat, maka yang terbayang dalam khayalan adalah orang tua berpakaian daerah, upacara perkawinan, atau upacara-upacara lainnya. Adat bisa diartikan juga sebagai aturan-aturan tentang beberapa segi kehidupan manusia yang tumbuh dari usaha orang dalam suatu daerah yang terbentuk di Indonesia sebagai kelompok sosial untuk mengatur tata tertib tingkah-laku anggota masyarakatnya. Di Indonesia, aturan-aturan tentang segi kehidupan manusia itu menjadi aturan hukum yang mengikat dan disebut hukum adat. [1]

Kerajaan Siak Sri Indrapura merupakan sebuah Kerajaan Melayu yang pernah berdiri di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Indonesia. Siak Sri Inderapura merupakan kerajaan Islam, yang didirikan di Buantan oleh Raja Kecik dari Pagaruyung bergelar Sultan Abdul Jalil pada tahun 1723, setelah sebelumnya terlibat dalam perebutan tahta Johor. Kemudian dalam perkembangan selanjutnya Kesultanan Siak muncul menjadi sebuah kekuatan yang diperhitungkan di pesisir timur Sumatera dan Semenanjung Malaya di tengah tekanan Imperialisme Eropa. Jangkauan terjauh pengaruh kerajaan ini sampai ke Sambas di Kalimantan Barat, sekaligus mengendalikan jalur pelayaran antara Sumatera dan Kalimantan. Kerajaan Melayu Siak berkembang dan tumbuh dari zaman berdirinya Kerajaan Gasib yang menganut agama Hindu / Budha yang merupakan perpecahan Kerajaan Sriwijaya yang pernah berpusat diMuara Takus pada abad ke XI-XII, Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan yang berkembang dengan pesat dan gemilang pada zamannya. Kerajaan Sriwijaya yang pernah berpusat diMuara Takus, runtuh pada abad awal abad XIII, sehingga timbul kerajaan-kerajaan kecil yang masih menganut agama Hindu / Budha seperti diLubuk Jambi, Keritang, Kandis, Bintan dan Tumasik. [2]
Kerajaan Gasib adalah perpecahan kerajaan Sriwijaya yang masih menganut agama Hindu atau Budha, yang kesenian dan kebudayaannya berhubungan dengan agama yang dianutnya. Sisa-sisa dari kebudayaan itu terdapat dimasyarakat Gasib saat ini dan masih berakulturasi dengan kebudayaan dan kesenian Melayu Siak yang sudah menganut agama islam. Kerajaan Siak adalah pewaris dari kerajaan Melaka, Johor Riau, maka adat dan budaya di Kerajaan Siak adalah adat dan budaya bersendikan syariat islam yang disebut adat bersendi syarak, dan syarak bersendikan kitabullah. Bagi orang Melayu Siak, yang disebut orang Melayu itu adalah beradat istiadat Melayu, berbahasa Melayu dan beragama islam. Jadi adat dan budayanya bernafaskan islam, jika seseorang massuk islam maka ia disebut orang Melayu. Raja Kecik sebagai pendiri kerajaan siak telah meletakkan islam sebagai agama resmi dikerajaan siak, yang diumumkan semasa beliau dinobatkan sebagai Sultan Siak pertama yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rakhmad Syah. Kerajaan Siak adalah keturunan Kerajaan Melaka yang tidak terlepas dari kebudayaan dan keseniannya tidak terlepas dari Kerajaan Melayu Melaka, namun terdapat pengaruh unsur-unsur adat dan budaya serta kesenian dari suku-suku yang telah lama mendiami negeri Siak. Selain itu ada juga pengaruh dari budaya dan kesenian dari Cina, Thailand , Arab, Persi, India serta suku-suku pendatang dari Nusantara Indonesia menyebabkan terjadinya akulturasi kebudayaan asli Siak dengan mereka sehingga terbentuk kebudayaan dikerajaan siak, Pasang surut kerajaan ini tidak lepas dari persaingan dalam memperebutkan penguasaan jalur perdagangan di Selat Malaka.
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Sultan Siak terakhir, Sultan Syarif Kasim II, menyatakan kerajaannya bergabung dengan Republik Indonesia. Dari proses yang banyak terjadi dalam kerajaan siak menghasilkan berbagai adat dan kebudayaan. Kerajaan Siak adalah pusat pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Sultan dengan orang-ornag besarnya, sehingga yang dilakukan dalam acara adat mempunyai sopan santun yang telah diatur oleh Kerajaan dan Datuk- datuk dari Ketua Suku. Setiap pelanggaran adat dan sopan santun oleh rakyatnya akan mendapat hukum atau sanksi yang sesuai dengan pelanggarannya. Didalam adat kerajaan siak ada beberapa aturan yaitu : [3]
1.      Adat Sebenar Adat, maksud dari Adat Sebenar Adat adalah prinsip-prinsip adat dikerajaan Siak yang tidak dapat diubah-ubah karena sudah tersimpul dalam adat yang bersendikan syarak. Untuk itu ketentuan adat yang bertentangan dengan hukum syarak Islam tidak boleh dipakai lagi. Jika terjadi benturan maka hukum syaraklah yang berlaku dominan, hal ini telah disabdakan oleh Sultan Siak Raja Kecik sewaktu beliau dinobatkan. Misalnya : Dalam berpakaian haruslah menutup aurat.
2.      Adat yang diadatkan Adat, adat ini adalah adat yang dibuat oleh Kerajaan Siak oleh Sultan yang sedang berkuasa sebagai pemimpin pemerintahan dinegeri Siak bersama Dewan Datuk sebagi penasehat Sultan pada kurun waktu tertentu dan masa berlakunya adat yang diadatkan ini ialah sepanjang belum dirubah oleh penguasa berikutnya atau Sultan penggantinya. Contohnya : Warna pakaian yang boleh dipakai oleh Datuk, orang besar kerajaan dan isterinya, dilarang memakai warna kuning karena itu adalah warna pakaian Sultan dan keluarganya.
3.      Adat yang Teradat, adat ini adalah adat yang disusun bersama oleh Datuk-datuk kepala suku dengan pemuka-pemuka dinegeri Siak pada masa kerajaan dahulu sejak berdirinya Kerajaan Gasib sampai Kerajaan Siak yang dipimpin oleh Raja Kecik. Adat ini turun temurun dalam masyarakat melayu siak yang telah lama mentradisi dan sudah menjadi pegangan bersama yang harus ditaati oleh rakyat Siak. Terutama pantang durhaka kepada raja dan kepada orang tua karena sumpah raja dan orang tua sangat makbul. Adat ini menanamkan sopan santun kepada masyarakat dan rakyatnya terutama kepada anak cucunya yang merupakan pewaris negeri Siak. Adat sopan santun sangat diutamakan dalam masyarakat melayu siak. [4]
Dikerajaan Siak hidup dan berkembang kebudayaan Tradisional yang kuat yang bernafaskan Islam, hal ini terlihat dari beberapa upacara adat dimulai dari kelahiran sampai kematian. Kebudayaan yng terdapat pada masyarakat Melayu Siak yaitu seperti :
a.       Upacara menujuh bulan, yaitu upacara adat yang dilaksanakan pada saat seorang ibu yang hamil anak sulung dalam usia kandungan tujuh bulan.
b.      Upacara aqiqah, yaitu memberi nama, cukur rambut dan turun mandi. Upacara ini dilakukan secara bersamaan, dimana anak yang baru dilahirkan dalam usia tujuh hari atau lebih, diaqiqahkan dengan menyembelih satu ekor kambing untuk anak perempuan dan dua ekor kambing untuk anak laki-laki. Bersamaan dengan itu dilakukan kenduri dengan menjemput orang ramai dan pada saat itu rambut sibayi digunting, ditepung tawari sambil dibacakan puji-pujian kepada Rasul dan kemudian dibacakan doa selamat dan doa memberi nama. Seterusnya bayi diturunkan memijak tanah dan dimandikan dan terakhir diayun dibuaian.
c.       Upacara Khitanan dan Khatam Al-Qur'an, setiap anak laki-laki berusia sekitar sebelas tahun dikhitankan, dan sebelum dikhitankan dianya haruslah sudah khatam Al-Qur'an.
d.      Upacara adat perkawinan, terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
·         Merisik, pelaksanaan merisik ini dilakukan secara bertahap oleh keluarga pihak laki-laki. Mereka mengirim utusan kepada pihak keluarga perempuan terutama kedua orang tuanya dengan maksud menanyakan kepada keluarga perempuan itu apakah anak gadisnya telah dipinang orang atau sudah mengikat janji dengan seseorang. Seandainya belum, maka kedatangan mereka untuk menjalin hubungan kekeluargaan. Tahap ini dilakukan oleh orang tua pria setelah mendapat informasi dari anak bujangnya bahwa ada seorang dara yang telah menjadi idaman hatinya, maka dilaksanakanlah acara merisik secara diam-diam kepada sang gadis. Acara merisik ini bertujuan untuk mengetahui tingkah laku dan sopan santun calon manantu tersebut baik terhadap orang tuanya, keluarganya, dan masyarakat di kampung. Di samping itu, juga pula di selidiki bagaimana ketekunannya mengurus rumah tangga, pandai atau tidak tidak bertenun, serta ketaatannya dengan perintah allah. Hal demikian juga tidak lepas dari penyilidikan orang tua pihak wanita terhadap calon menantunya, apakah pemuda itu menghormati orang tua, sopan santun serta senang bergaul sesama di kampung, rajin bekerja dan sifat terpuji lainnya. Seandainya hal yang telah di ingat oleh kedua belah pihak berkenan maka di lanjutkan upacara berikutnya.
·         Meminang, setelah mendapat kepastian dari si gadis maupun keluarganya maka di lakukan acara meminang dengan terlebih dahulu mengirim utusan orang tua-tua yang bijaksana, pandai bertutur secara adat melayu serta di iringi tepak sirih sebagai pembuka kata. Upacara meminang ini dilakukan dengan bahasa pantun dan pepatah petitih sehingga upacara yang di maksud dapat di sampaikan. Kata berbalas, gayung bersambut, dapat mufakat bila antaran belanja dilaksanakan.
·         Menghantar Belanja, acara hantaran belanja atau yang biasanya dikenal dengan dilakukan beberapa hari sebelum upacara akad atau sekaligus menjadi satu rangkaian dalam upacara akad nikah. Jika antar belanja diserahkan pada saat berlangsungnya acara perkawinan, maka antar belanja diserahkan sebelum upacara akad nikah. Beramai-ramai, beriring-iringan, kerabat calon pengantin laki-laki membawa antara belanja kepada calon pengantin wanita. Konsep pemikiran dari upacara antar belanja adalah simbol dari peribahasa-peribahasa seperti rasa senasib sepenanggungan,rasa seaib dan semalu, yang berat sama dipikul yang ringan sama dijinjing. Makna dalam upacara antar belanja ini adalah rasa kekeluargaan yang terbangun antara keluarga pengantin laki-laki dan pengantin perempuan. Oleh karena makna dan tujuannnya adalah membangun rasa kekeluargaan, maka tidak dibenarkan jumlah diantarkan menimbulkan masalah yang menyakiti perasaan di antara mereka.
·         Pelaksanaan pernikahan (hari akad nikah), dalam pelaksanaan hari pernikahan pada masyarakat Melayu di Siak Sri Indrapura, dilakukan beberapa untaian acara yaitu :
1.      Menggantung, yaitu memasang kembes (tenda), membuat pelaminan, menghias rumah dan kamar pengantin.
2.      Berinai, makna dan tujuan dari perhelatan upacara ini adalah untuk menjauhkan diri dari bencana, membersihkan diri dari hal-hal yang kotor, dan menjaga diri segala hal yang tidak baik. Di samping itu tujuannya juga untuk memperindah calon pengantin agar terlihat lebih tampak bercahaya, menarik, dan cerah. Upacara ini merupakan lambang kesiapan pasangan calon pengantin untuk meninggalkan hidup menyendiri dan kemudian menuju kehidupan rumah tangga.
3.      Berandam, upacara berandam dilakukan pada sore hari ba'da Ashar yang dipimpin oleh Mak Andam didampingi oleh orang tua atau keluarga terdekat dari pengantin perempuan. Makna dari upacara berandam adalah membersihkan fisik (lahiriah) pengantin dengan harapan agar batinnya juga bersih. Makna simbolisnya adalah sebagai lambang kebersihan diri untuk menghadapi dan menempuh hidup baru.
4.      Akad nikah, upacara akad nikah merupakan inti dari seluruh rangkaian upacara perkawinan. Sebagaimana lazimnya dalam adat perkawinan menurut ajaran Islam, upacara akad nikah harus mengandung pengertian ijab dan qabul. Setelah penyataan ijab dan qabul telah dianggap sah oleh para saksi, kemudian dibacakan doa /walimatul urusy atau yang dipimpin oleh kadi atau orang yang telah ditunjuk. Setelah itu, baru kemudian pengantin laki-laki mengucapkan /taklik/ (janji nikah) yang dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Janji Nikah. Penyerahan mahar oleh pengantin laki-laki baru dilakukan sesudahnya. Dan dilanjutkan dengan acara tepuk tepung tawar yang hakikatnya adalah pertanda bahwa para tetua melimpahkan restu dan doa, bahwa marwah pengantin kekal terjaga.
5.      Acara Khatam Al-qur'an, upacara khatam Qur'an sebenarnya bermaksud menunjukkan bahwa pengantin perempuan sudah diajarkan oleh kedua orang tuanya tentang bagaimana mempelajari agama Islam dengan baik. Dengan demikian, sebagai pengantin perempuan dirinya telah dianggap siap untuk memerankan posisi barunya sebagai istri sekaligus ibu dari anak-anaknya kelak.
6.      Hari langsung (hari bersanding), pada hari yang disepekati, dimana pengantin laki-laki diarak dari rumah orang tuanya kerumah pengantin perempuan, diiringi dengan musik kompang dan setelah sampai disambut dengan silat dan dilanjutkn dengan berbalas pantun dan bertukar tepak antara kedua belah pihak dan bersamaan dengan itu ditaburkan beras kunyit sebagai meng elu-elukan kedatangan pengantin. Setelah pintu dibuka, pengantin laki-laki didudukkan dipelaminan yang disana sudah ada pengantin perempuan yang menunggu pengantin laki-laki. [5]
Adat istiadat ini berpusat pada siak sri indrapura yang di susun dan di tata oleh seorang raja dan orang-orang besar kerajaan. Adat istiadat ini merupakan hasil warisan budaya siak dari upacara adat perkawinan raja-raja melayu yang dulunya sebagai pusat kerajaan melayu.
Daftar Pustaka :
[3] [4] O.K Nizami Jamil (2002). Istana Asserayah Hasyimiah Kerajaan Siak. Bappeda Kabupaten Siak dan Masyarakat Peduli Lingkungan Wisata Siak Sri Indrapura. Hal : 90
[4] Pustaka Tim Penulis Sejarah Kerajaan Siak (2011). Sejarah Kerajaan Siak. Lembaga Warisan Budaya Melayu Riau. Pekanbaru : 120
[5] Effendy,Tenas dkk (1972). Lintasan Sejarah Kerajaan Siak. Pekanbaru. BPKD Riau. Hal : 95








3 komentar:

  1. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI ALHI dan dia memberikan nomor AKI ALHI,dia bilan kepada saya kalau AKI ALHI bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALHI dan dengan senan hati AKI ALHI ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALHI,di 0823 1366 9888 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI ALHI, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya
    Atau KLIK TOGEL AKURAT 88


























    saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI ALHI dan dia memberikan nomor AKI ALHI,dia bilan kepada saya kalau AKI ALHI bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALHI dan dengan senan hati AKI ALHI ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALHI,di 0823 1366 9888 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI ALHI, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya
    Atau KLIK TOGEL AKURAT 88



    BalasHapus