Kamis, 11 Juni 2015

MENELUSURI SEJARAH SINGAKAT PENDIDIKAN, AGAMA, BAHASA DAN BUDAYA DI MESIR.


NURMI SUARI/SP

Republik Arab Mesir adalah suatau nama baru bagi wilayah mesir yang sudah amat tua. Lebih dari 5000 tahun telah berlalu sejak firaun pertama berkuasa, tetapi sapi . yang serupa dengan yang tergambar pada tembok makam kuno, masih tampak membajak disawah-sawah mesir. Beratus-ratus tahun yang lalu, orang mesir menyembah Sungai Nil dan setiap tahun, saat sungai nil itu banjir, mereka mengorbankan seorang gadis cantik bagi dewa sungai itu. Kini saat banjir ini mencapai titik ketinggiannya, hari itu dinyatakan sebagai hari libur resmi dan boneka yang dihias sangat indah dilemparkan kesungai Nil. Didekat stasiun kereta api kairo yang ramai berdiri patung Rames II yang besar, patung ini untuk mengenang para petualang abad ke 20 tentang sejarah mesir yang panjang.

Mesir yang memiliki nama asli adalah Al-Jumhiriah, Al-Arabiyah dan ELMisriyah yang memilik memiliki penyebaran penduduk yang paling tidak merata didunia, dimana hampir 99% penduduknya tinggal berdesakan pada 3,5% areal seluruh wilayahnya. Penyebabnya tidak lai adalah karena 96% wilayahnya trdiri dari padang pasir yang gersang. Mesir terletakdiantara dua benua yaitu asia dan afrika. Tetapi semenjak Terusan Suez selesai dibangun tahun 1869, maka sebagian wilayahnya benar-benar terpisah dan sekaligus memnelah asia-afrika. Berabad-abad sebelum ditemukan minyak, ekonomi mesir masih bersandar sepenuhnya pada hasil pertanian. Sungai Nil dengan lembahnya yang subur telah mengantar mesir sebagai negara dengan luas tanah irigasi nomor satu didunia. Negara yang luasnya lebih besar 2 kali dari pulau Sumatera ini, adalah salah satu produsen katun terbesar. Selain itu juga dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah Mahasiswa asing terbesar didunia.
Kehidupan Agama
Lebih dari 90% penduduk mesir beragama islam. Berbagai gedung pencakar langit di mesir penuh dengan menara mesjid, lima kali sehari suara azan menyeru umat islam untuk bershalat. Secara trdisional,muazin menyeru azan dari puncak menara mesjid, tetapi kini panggilan ini seringkali haya dikumandangkan lewat pengeras suara saja atau melalui siaran radio. Tatkala orang islam sedang bershalat, mereka, mereka menghadapkan wajahnya ke mekah, yaitu sebuah kota d i Arab Saudi, tempat nabi Muhammad dilahirkan. Umat islam menyembah Allah SWT (Tuhan) dan dalam shalatnya menyatakan bahwa" Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya". Selama  buan suci Ramadhan, salah satu diantara 12 bulan menurut kalender islam,orang islam berpuasa dari sejak matahari terbit sampai matahari terbenam. Orang islam juga diwajibkan mengelurkan zakat bagi si miskin.sekurang-kurangnya sekali dalam hidupnya yaitu ketikasecara fisik dan keuangan mampu, orang islam dipanggil untuk melakukan ibadah haji ke mekah. Agama islam sangat erat hubungannya dengan agama yahudi dan kristen, islam meyakini ibrahim, musadan isa sebagai utusan Allah. Muhammad dianggap sebagi pengganti para nabi tersebut dan merupakan rasul terakhir. Islam menekankan kesamaan tanpa memandang suku bangsa dan asal sosialnya, didalamislam tidak terdapat seorang pendeta karena islam dibangun diatas hubungan langsung antara manusia dan penciptanya. Islam sangat menganjurkan penyerahan diri terhadap kehendak Allah dan berjihad, yatu penggunaan kekuatan senjata untuk membela islam. Diantara upacara penting  umat islam adalah Hari Raya Fitrah atau Idul Fitri, Hari Raya Kurban Dan Maulid Nabi. Idul Fitri menandakan akhir bulan suci ramadhan, sedang Maulid Nabi adalah peringatan hari kelahiran nabi Muhammad SAW. Idul Adha adalah upacara pengorbanan, memperingati penyembelihan anak Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, yang digantikan dengan hewan kurban oleh Allah SWT. Idul adha juga merayakan akhir misim haji dimekah. Dan sekitar 8% penduduk mesir beragama kristen, kebanyakan diantara mereka termasuk anggota gereja koptik. Umat koptik mempercayai hakikat Yesus Kristus yang tunggal. Mesir adalah tempat kelahiran monastikisme dan hingga kinipun biara tetap memainkan peran penting didalam gereja koptik. Orang yang mengepalai gereja biasanya merupakan salah satu anggota jamaat biara. Dimesir juga terdapat kelompok kecil orang katolik Roma, Ortodoks Yunani, ortodoks Armenia, dan Protestan. Meskipun populasi orang yang yahudi pernah besar, kini hanya ada sejumlah kecil saja orang  yahudi di Mesir.
Bentuk Pendidikan
Dalam Buku Pintar Seri Senior yang disusun oleh Iwan Gayo dalam cetakan ke-21 mencatat bahwa pada tahun 1990 Mesir dalam dalam persentase untuk kategori Baca-Tulis itu masih 44%, dimana dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan, bahwa belum sampai separuh dari penduduknya yang bisa tulis-baca. sebelum kita lanjut membahas tentang pendidikan mesir pada masa zaman modern tidak ada salahnya kita meninjau kembali kebelakang bagaimana pendidikan mesir pada masa zaman klasik.

Pendidikan Mesir Pada Zaman Klasik
            Mesir purba telah mengenal peradaban dan kebudayaan tinggi. Ini terbukti dengan dikenalnya tulian dengan huruf heiroglyp (Tulisan suci) telah dikenal kalender penanggalan dengan pembagian 12 bulan tiap tahun, telah mengenal irigasi dan sebagainya. Penduduknya terdiri dari beberapa golongan yang masing-masing memiliki tugas hidup masing-masing (pembagian kasta). Kasta yang paling berkuasa adalah kasta pendeta. Pada 31SM mesir menjadi suatu bagian dari negara romawi. Ciri-ciri pendidikan pada masa purba ini adalah yang pertama adalah sumber pengetahuan ialah kumpulan nyanyian-nyanyian pujaan pada dewa-dewa  dan yang kedua yang menyelenggarakan pendidikan adalah kasta pendeta. Hanya para pedeta dan prajurit yang dapat menikmati pendidikan. Tujuan pendidikan pada zaman ini ialah bersifat susila-agama. Semua aktivitas manusia akhirnya bermaksud berbakti kepada dewa-dewa. Pelajaran yang diutamakan di mesir pada zaman klasik adalah membaca, menulis, berhitung, bahasa, ilmu ukur tanah, ilmu alam, ilmu bintang, bergulat, bersenam, dan musik.buku umber yang digunakan adalh buku-buku sumber hermetis, yaitu buku suci  yang jumlahnya 42 buah yang berasal dari dewa Toth (Yunani: Harmes). Pusat pendidikan disebut sekolah-kuil dan merupakan pusat-pusat kuliah yang teratur.

Pendidikan Mesir Pada Abad 20 sd Sekarang
            Pendidikan dasar adalah wajib dan gratis bagi anak usia 6-12 tahun undang-undang wajib sekolah diloloskan tahun 1993 meskipun baru bejaln efektif pada tahun 1950. Pada tahun 1950, menteri pendidikan mesir, Taha Hussein, menyatakan bahwa pendidikan adalah sangat penting bagaikan "udara dan Air" bagi kita. Hindangan gratis yang hangat ditengah hari disediakan di tingkat sekolah dasar dan menengah. Sekitar 60% anak usia sekolah dapat bersekolah dan anak perempuan merupakan 35% seluruh populasi anak sekolah. Bahasa Arab adalah bahasa utama didalam pengajaran disekolah-sekolah negeri. Bahasa inggris dan prancis diajarkan sesudah tingkat sekolah dasar. Sekolah menengah dan universitas di Mesir juga tidak dipungut uang sekolah. Sekolah menengah adalah sekolah akademi atau sekolah teknik. Sekolah akademi mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke universitas. Sedangkan sekolah teknik mempersiapkan siswa dengan pendidikan kejuruan dibidang pertanian, industri dan perdagangan. Empat diatara universitas di mesir terletak di kairo Al-Azhar, Universitas Kairo, Universitas Helwan, dan Universitas Ain Syamsi. Di kairo juga terdapat Universitas Amerika. Al-Azhar didirikan di abad ke-10 oleh Jauhar Al-Siqili, pendiri kairo modern. Secara tradisional rektor Al-Azhar memiliki pengaruh besar diantara umat islam di dunia. Universitas kairo didirikan tahun 1908 sebagai sebuah lembga swasta. Universitsas ini diambil oleh negara tahun 1925 dan diberi nama baru Universitas Fuad I setelah setelah raja Fuad naik takhta. Setelah revolusi 1952, unuversitas ini kembali menjadi universitas kairo. Terdapat juga universitas iskandariah dan Asyut dan berbagai rencana juga sedang dilaksanakan untuk membuka lebih banyak lagi Universitas di bagian lain Mesir.
Bentuk Bahasa
Bahasa di mesir adalah bahasa arab. Bahasa arab klasik digunakan baik sebagai bahsa lisan maupun bahasa tulis. Bahasa itu juga digunakan dalam  siaran radio, surat kabar, transaksi dagang, keputusan pengadilan, dekrit pemerintah, dan dan disekolah-sekolah. Bahasa arab sehari-hari, bahasa orang jalanan, jarang dipakai sebagai bahasa tulis, terdapat dua macam tuisan yang pertama adalah Arab Naskh merupakan bentuk tulisan yang biasa dipakai di buku-buku Kufi, bukanlah sekedar bentuk tuklisan merupakan bentuk seni. Tulisan kufi banyak ditemukan dalam cetakan Al-Qur'an. Cetakan Quran ini mirip dengan injil yang banyak dihias dan buku doa sembahyang yang diterbitkan selama abad pertengahan di Eropa. Disamping bahasa arab, di mesir dipakai juga 4 bahasa lain. Bahasa koptik yang berkembang sejak mesir kuno, di tuturkan hingga abad ke-12. Bahasa koptik ini hanya dipakai didalam tata peribadatan Gereja Koptik. Bahasa Nubian dituturkan oleh oleh penduduk mesir yang tinggal disepanjang perabatasan Mesir-Sudan di sebelah timur Nil. Sedangkan Berber adalah bahsa yang dituturkan oleh penduduk siwa, yaitu suatu oasis di Gurun Libia. Bahasa Nubia dan Beja bukanlah bahasa tulis.

Sekilas Tentang Iskandariah (Alexander Yang Agung 356 Sm-323 Sm) dalam Kebudayaan dan Pendidikan di Mesir
Alexander Yang Agung (Iskandariah), penakluk yang kesohor dari dunia silam itu dilahirkan di Pello tahun 356 SM, ibukota Macedonia. Ayahnya, Raja Philip II dari Macedonia seorang yang punya kesanggupan dan berpandangan jauh. Philip memperbesar dan mengorganisir Angkatan Bersenjata Macedonia dan mengubahnya menjadi kekuatan tempur yang bermutu tinggi. Pertama kali penggunaan Angkatan Bersenjata pilihan ini adalah waktu ia menaklukkan daerah sekitar hingga sampai ke utara Yunani, kemudian berbalik ke selatan dan menaklukkan hampir seluruh Yunani. Kemudian Philip membentuk federasi kota-kota Yunani dan dia sendiri jadi pemimpinnya. Tatkala dia lagi merancang rencana penyerangan terhadap Kekaisaran Persia yang luas itu yang berada di sebelah timur Yunani-bahkan penyerbuan sudah mulai terjadi di tahun 336 SM-Philip terbunul, tatkala usianya baru mencapai empat puluh enam tahun.
Umur Alexander baru dua puluh tahun tatkala ayahnya mati tetapi tanpa kesulitan dia menggantikan naik tahta. Philip dengan cermat jauhjauh hari sudah melakukan persiapan untuk penggantinya dan si Alexander muda sudah punya pengetahuan dan pengalaman kemiliteran yang lumayan. Dalam hal pendidikan intelektual pun Philip tidak mengabaikannya. Guru buat Alexander disediakan ayahnya seorang yang istimewa: Aristoteles, seorang yang mungkin paling cendikiawan dan filosof yang paling termasyhur di dunia masa itu. Baik di Yunani maupun daerah-daerah belahan sebelah utara, penduduk yang ditaklukkan Philip memandang kematian Philip merupakan kesempatan bagus untuk menghalau dan menumbangkan kekuasaan cengkeraman Macedonia. Tetapi, hanya dalam tempo dua tahun sesudah naik tahta, Alexander sudah mampu mengatasi kedua daerah itu. Sesudah itu perhatian dialihkan ke Persia. Alexander menghabiskan waktu sekitar setahun mengorganisir tentara dan wilayah kekaisaran yang dikuasainya. Alexander dibesarkan bersama keyakinan bahwa kebudayaan Yunani adalah satu-satunya kebudayaan yang unggul dan jempol dan semua bangsa yang bukan Yunani tak lain tak bukan adalah bangsa barbar. Keyakinan itu sudah barangtentu tersebar meluas di seluruh alam pikiran dan dunia Yunani, bahkan Aristoteles sendiri berpendapat begitu. Tetapi, lepas dari keberhasilannya menumpas habis tentara Persia, Alexander sadar bangsa Persia samasekali bukan bangsa barbar, dan orang-orang Persia bisa saja sama mampu dan sama pandai dengan orang Yunani. Oleh karena itu Alexander mengandung niat untuk menggabung kedua kekaisaran itu jadi satu, dan dijelmakannya dengan pembentukan gabungan budaya dari kerajaan Graeco-Persia dengan dia sendiri tentu saja berada di atas tampuk pimpinan penguasa. Sejauh yang dapat kita pastikan, dia betul-betul berkehendak agar bangsa Persia merupakan partner sederajat dengan bangsa Yunani dan Macedonia. Dalam rangka melaksanakan rencana ini, dia memasukkan banyak sekali orang Persia ke dalam Angkatan Bersenjatanya. Dia juga mengadakan pesta apa yang disebutnya "Perkawinan Barat dan Timur" di mana ribuan tentara Macedonia secara resmi mengawini puteri-puteri Asia. Dia sendiri, walaupun sudah mempersunting istri seorang gadis bangsawan Asia sebelumnya, kawin lagi dengan puteri Darius. Gamblang sekali, Alexander bermaksud melakukan tambahan penaklukan dengan Angkatan Bersenjata yang sudah diorganisir kembali ini. Kita tahu, dia bennaksud menaklukkan Arabia, dan mungkin juga wilayahwilayah yang terletak di belahan utara Persia. Dan mungkin dia sudah punya rencana menduduki India atau menyerbu Roma, Carthago dan bagian-bagian Laut Tengah. Betapapun rencana itu sudah tersusun, yang jelas tak ada penaklukan-penaklukan berikutnya lagi. Di awal bulan Juni tahun 323 SM tatkala Alexander berada di Babylon, tiba-tiba dia terserang demam dan dia meninggal dunia sepuluh hari kemudian. Saat itu umurnya belum lagi mencapai tiga puluh tiga tahun. Dengan lambat sekali. Juga, Alexander menyebarkan pengaruh kebudayaan Yunani ke India dan Asia Tengah, daerah yang belum terjamah sebelumnya. Tetapi, pengaruh kultural bukanlah berarti hanya berlaku sepihak dan satu jurusan. Dalam masa abad Hellenistik (abad-abad segera sesudah langkah-langkah Alexander) gagasan-gagasan Timur-khususnya gagasan keagamaan-tersebar ke dunia Yunani. Dengan kebudayaan Hellenistik ini memang tampaknya Yunani dominan tetapi sebenarnya pengaruh pikiran Timur besar sekali pada saat itu mempengaruhi Roma. Dalam jangka perjalanan kariernya, Alexander mendirikan lebih dari dua puluh satu kota baru. Yang paling masyhur dari semua itu adalah Alexandria (Iskandariah) di Mesir yang dalam tempo cepat menjadi kota terkemuka di dunia dan merupakan pusat budaya dan pendidikan yang kesohor. Lain-lainnya seperti Herat dan Kandahan di Afganistan juga berkembang jadi kota-kota penting.
DAFTAR PUSTAKA         
1.      Golier International,Inc. 2002. Negara dan Bangsa Jilid 2. Penerbit PT. Ikrar        Mandiri Abadi: Jakarta.
2.      Gayo Iwan. 1995. Buku Pintar Seri Senior. Upaya Warga Negara: jakarta.
3.      Asril, M.pd. 2015. Bahan Ajar Sejarah Pendidikan Dunia Dan Indonesia. FKIP-UR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar