Rabu, 10 Juni 2015

KEBUDAYAAN ASIA (ASIA TENGGARA)

    

Yesi Novianti/S/EA



Suku Bangsa Di Kawasan Asia Tenggara
Menurut A. L. Kroeber, suku bangsa yang tertinggal di kawasan Asia Tenggara suku-suku yang jumlahnya besar di Asia : Adapun merupakan keturunan dari dua ras, antara lain:
 1. Tenggara antara lain sebagai berikut : Melayu dan Wilayah Ras Negroid yang menempati Semenanjung Negarabangsa Lao Yao, dan Thai di Laos dan Thailand. Suku Filipina
2. Ras Mongoloid yang menempati Kepulauan Indonesia, Malaysia, Suku bangsa Khamer di Kamboja. dan Filipina. Suku bangsa Semang dan Sakai di Malaysia.
Kebudayaan  Asia Tenggara
Suku bangsa Man, Tho, Muong, dan Vietnam di Di Indonesia Vietnam. Ras Mongoloid Dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : bangsa Jawa, Sunda, Bali, Batak dan Dayak di Suku Indonesia.
a) Proto Melayu (Melayu Tua), yang menurunkan suku Batak, Suku bangsa Cina, India, Melayu, dan Pakistan di Dayak, dan Toraja Singapura.
b) Deutro Melayu (Melayu Muda), yang menurunkan suku Bali, Jawa, dan Minangkabau adalah beberapa prinsip kerjasama negara Asia Tenggara khususnya ASEAN, yaitu : Kebudayaan Melayu Austronesia Kebudayaan leluhur bersama Austronesia Kawasan Asia Tenggara pada masa protosejarah Kemampuan peradaban ASEAN untuk berinteraksi dan sebenarnyadengan budaya luar yang datang,dinamis dalam berdialog merupakan wilayah yang kemudian unsur budaya luar itu menjadi luluh dan dianggap sebagai perkembangan kebudayaannya. Wilayah tersebut milik sendiri. merupakan terminal migrasi bangsa yang datang Tradisi agraris dan maritim yang sebenarnya sangat kuat dari arah Asia kontinental sampai Asia Tenggara mengakar. yang menjadi Solidaritas ASEAN telah ditunjukkan sejak Toleransi dan dasar perkembangan kebudayaan masa silam. Asia Tenggara hingga kini yang disebut denganPenyebaran Austronesia. kebudayaan peradaban ´kita bukan berasal dari manamana, namun menyebar ke mana-mana
Persamaan Terdapat Beberapa Kebudayaan Yang Di Asia Tenggara Kebudayaan Di Kawasan Harus Dipertahankan Dan Menjadi Jati Diri Bangsa , Berikut Asia Tenggara
Indonesia
Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan daerah, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelumnya. Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dan kebudayaan daerah yang tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Rumah adat ; Contoh : Rumah Gadang (Sumatra Barat) dan Hanoi (Papua) Tarian ; Contoh : Saman (Aceh) , Tari Kecak (Bali), Tari Piring (Sumatra Barat) Lagu ; Contoh : Kicir-kicir (Jakarta), Apuse (Papua), Bubuy Bulan (Jawa Barat) Alat musik ; Contoh : Tifa (Aceh), Angklung (Jawa Barat)
Kebudayaan Khas Masingmasing Negara Di Asia Tenggara
Malaysia
Malaysia ialah sebuah negara berbilang kaum yang hidup dalam keadaan amanMalaysia adalah kombinasi ‡ Arsitektur ; Arsitektur di dan damai. Tiga kaum yang utama di Malaysia ialah Melayu,Cina Islam India. dari banyak gaya, dari gaya dan Cina dan yang Melayu merupakan kaum terbesar dengan membentuk dibawa oleh kolonis Eropa. Arsitektur Melayu telah 54%berubah karena pengaruh ini. Housesadalahnorth daripada populasi Malaysia. Melayu in the satu kaum yang beragama Islam, berbahasa Melayu dan are similar to those in Thailand, while those in the mengamalkan budaya those in Java. Rumah di utara south are similar to Melayu. Kaum Melayu mempunyai pengaruh yang penting sedangkan di politik sama dengan yang di Thailand, dalam arena di Malaysia. adalah serupa dengan yang di Jawa. selatan Cina pula mewakili 25% daripada penduduk Malaysia dan tinggal di bandar-bandar besar di pantai  Seni ; Malaysia seni tradisional ini terutama berpusat barat semenanjung. India pula membentuk 7.5% di sekitar bidang ukiran, tenun, dan silversmithing. daripada populasi.
Singapura
Karena keragaman penduduk dan latar imigrannya, budaya Singapura sering disebut sebagai campuran dari budaya Britania, Melayu, Cina, India dan Peranakan. Warga asing juga membentuk 42% penduduk Singapura dan memainkan peran penting dalam mempengaruhi budaya Singapura. ‡ Agama ; Lebih dari 40% dari Singapura mematuhi Buddhisme. Penduduk Melayu yang beragama Islam, India yang beragama Hindu dan agama lain seperti Kristen, dan Yahudi. ‡ Seni ; Sejak 1990-an, pemerintah telah berusaha mempromosikan Singapura sebagai pusat seni dan budaya, khususnya seni drama, dan mengubah negara ini menjadi 'gerbang antara Timur dan Barat' yang kosmopolitan.
Thailand
Budaya Thailand dipengaruhi oleh perkembangan agamanya, dimana agama Budha merupakan Agama Mayoritas di Thailand sehingga kebudayaan Thailand dan keseniankesenia Thailand dipengaruhi oleh Agama Budha. ‡ Tarian ; Tari Thailand yang sering ditampilkan di berbagai pentas kesenian internasional adalah tari song kran, tari khon, tari sri-chaiyasing, tari fon poothai, tari pong-laang, tari serng-tang-wai, dan sao mai
Vietnam
Lebih dari ribuan tahun, kebudayaan Vietnam sangat dipengaruhi oleh negara tetangga, RRT. Karena asosiasi lama dengan RRT, kebudayaan Vietnam tetap kuat berpegang teguh kepada Konfusianisme yang menekankan pada tugas-tugas yang kekeluargaan. Pendidikan dihargai sangat tinggi. Dalam sejarah, lulus dalam ujian Mandarin kerajaan adalah satu-satunya cara bagi seorang Vietnam untuk maju secara sosial.
Laos
Agama Theravada telah banyak mempengaruhi kebudayaan Laos. Pengaruhnya dapat terlihat pada bahasa, seni, sastra, Seni tari, dll. Salah satu bukti penting dari kebudayaan Laos kuno terdapat di Dataran Guci. ‡ Musik ; Musik Laos didominasi oleh alat musik nasionalnya, disebut khaen (sejenis pipa bambu). Sebuah kelompok musik umumnya terdiri dari penyanyi (mor lam) dan seorang pemain khaen (mor khaen) bersama pemain rebab dan pemain instrumen lain. ‡ Tarian ; There are mainly two types of dances (or dancedramas), the classical dances performed in the royal courts and the folk dances now associated with morlam . Ada terutama dua jenis tariankebudayaan Laos, tarian klasik yang dilakukan di pengadilan kerajaan dan tarian rakyat, tarian sekarang terkait dengan morlam (deskripsi umum untuk musik rakyat Laos)
Kamboja
Budaya Kamboja telah memiliki sejarah yang kaya dan bervariasi sejak berabad-abad, dan telah banyak dipengaruhi oleh kebudayaan India dan dalam perkembangannya budaya di Kamboja juga sangat dipengaruhi oleh agama Buddha Theravada. Sepanjang hampir dua milenium, Kamboja mengembangkan budaya Khmer yang merupakan budaya yang berkembang sejak berjayanya Angkor hampir di seluruh daratan Asia Tenggara.
Filipina
Filipina sama halnya dengan Indonesia memiliki banyak kepulauan dan terdiri dari bermacam-macam suku. Sukusuku asli mereka mempunyai kebudayaan yang dipertahaankan secara utuh turun-temurun. Seperti suku ifugao dan Bukidnon. ‡ Tarian ; Kebanyakan masyarakat Filipina gemar menyanyi serta menari pada setiap kali pesta keramaian ‡ Pemukiman ; Bahay Kubo merupakan rumah tradisional yang terkenal di Filipina, yang dibuat dari daun kelapa, nipah, dan bambu. ‡ Alat musik ; Instrumen yang paling terkenal di masyarakat Filipina ialah Organ bambu digunakan sebagai pelantun lagu maupun penghantar tarian.
Brunei Darusalam
Budaya Brunei seakan sama dengan budaya Melayu, dengan pengaruh kuat dari Hindu dan Islam, tetapi kelihatan lebih konservatif dibandingkan Malaysia. Penjualan dan penggunaan alkohol diharamkan, dengan orang luar dan non-Muslim dibenarkan membawa dalam 12 bir dan dua botol miras setiap kali mereka masuk negara ini. Setelah pemberlakuan larangan pada awal 1990-an, semua pub dan kelab malam dipaksa tutup.
Timor Leste
Budaya Timor Timur mencerminkan berbagai pengaruh, termasuk Portugis, Katolik Roma, dan Malaysia, pada adat Austronesia dan Melanesia budaya Timor. Legenda mengatakan bahwa buaya raksasa itu berubah menjadi pulau Timor, atau Pulau Buaya, seperti yang sering disebut. Budaya Timor Timur yang banyak dipengaruhi oleh legenda Austronesia, walaupun pengaruh Katolik juga kuat. Ada tradisi kuat puisi. Perdana Menteri Xanana Gusmão, misalnya, adalah penyair dibedakan. Adapun arsitektur, beberapa bangunan bergaya Portugis dapat ditemukan, bersama dengan rumahrumah tradisional totem wilayah timur. Ini dikenal sebagai lulik uma (rumah suci) dalam bahasa Tetum, dan teinu lee (rumah dengan kaki) di Fataluku. Pengerjaan juga meluas, seperti menenun selendang tradisional atau tais.
Myanmar
Penduduk Myanmar merupakan keturunan dari ras mongol, selebihnya adalah keturunan dari india dan Pakistan. Hampir 75% dari mereka bekerja di sektor pertanian dan banyak yang tinggal di desa. Penduduk Myanmar yang tinggal di kota pada umumnya mendiamai 3 kota utama, yaitu Yangoon, Pagan, dan Mandalay. Penduduk Myanmar sebagian besar memeluk agama Budha, hanya sebagian utara yang memeluk agama Confusius (Kunfutse) yang agak mengherankan ialah luasnya agama Budha ini sangat berkembang di Myanmar, sedangkan di India sendiri agama itu telah terdesak oleh agama hindu. Di Myanmar terdapat Pagoda Shawe Dagon tepatnya di Rangoon yang dilapisi dengan emas, Pagoda Ananda di Pagan, termasuk bangunan-bangunan kuno yang tidak kurang megahnya dari bangunan di Mesir, India, dan sebagainya.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar