Jumat, 27 September 2013

KERAJAAN SRIWIJAYA

RAHMAT ARIFAN/PIS

Kerajaan sriwijaya merupakan salah satu kerajaan yang bercorak budha yang terbesar di indonesia yang pernah ada,sebenarnya pusat kerajaan sriwijaya belum tahu pasti tempatnya ada sebagian ahli sejarah bependapat bahwa kerajaan sriwijaya berpusat di jambi dan ada juga yang mengatakan bahwa kerajaan sriwijaya berpusat di riau karena di riau terpadat sebuah candi yang bernama candi muara takus yang merupakan candi peninggalan dari  ajaran agama budha. Tetapi parah ahli sejarah sepakat bahwa pusat kerajaan sriwijaya terdapat di palembang karena bukti lebih kuat menunjukan bahwa kerajaan sriwijaya berpusat di palembang.
Kerajaan sriwijaya tidak hanya terkenal di indonesia saja bahkan sampai keluar negeri hal ini di karenakan kerajaan sriwijaya berpusat di selat malaka dimana kala itu selat malaka merupakan jalur lintas perdagangan yang sangat ramai dari luar negeri yaitu antara bangsa india dengan bangsa cina maupun romawi.
Kerajaan sriwijaya terus memperluas wilayah kekuasaan nya yang mencangkup selat malaka,selat sunda,selat bangka,laut jawa bagian barat,bangka,jambi hulu,semenanjung malaya hingga ke tanah genting kra.luasnya wilayah laut yang kekuasaan oleh kerajaan sriwijaya tersebut menjadikan kerajaan sriwijaya sebagai kerajaan maritim yang besar pada zaman nya.
A.KEHIDUPAN POLITIK
Kerajaan sriwijaya merupakan kerajaan besar yang pernah membawah kemegahan dan kejayaan bangsa indonesia dimasa lampau namun tidak semua raja-raja sriwijaya yang membawah kerajaan sriwijaya dalam kejayaan berikut ini adalah nama raja-raja yang pernah memerintah di kerajaan sriwijaya.
1.raja dapunta hyang
Pada masa raja dapunta hyang berkuasa ia mampu memperluaskan wilayah kekuasaan kerajaan sriwijaya sampai kewilayah jambi, raja dapunta hyang berhasil menaklukan wilayah minangantamwa.sejak awal menjadi raja dapunta hyang telah mencita-citakan kerajaan sriwijaya menjadi kerajaan maritim.
2.raja balaputra dewa
Pada masa pemerintahan balaputra dewa kerajaan sriwijaya berada pada puncak kejayaan dengan cara meningkatkan kegiatan palayaran dan perdagangan rakyat sriwijaya. Disamping itu balaputra dewa juga menjalin hubungan yang baik dengan raja-raja yang berada diluar wilayah indonesia seperti kerjaan chola dan kerajaan benggala(nalanda) dari india.
3.raja sanggrama wijayattunggawarman
Pada masa pemerintahan sanggrama kerajaan sriwijaya mengalami kehancuran karena mendapat serangan dari raja rajendra dari kerajaan chola.
B.KEHIDUPAN EKONOMI
Karena letak kerajaan sriwijaya yang strategis berada di tengah-tengah jalur perdagangan antara india dengan cina dan disamping itu letak kerajaan sriwijaya yang berada di dekat selat malaka yang merupakan pusat penghubung bagi daerah-daerah yang berada di kawasan asia tenggara. Penguasaan yang dilakukan kerajaan sriwijaya terhadap selat malaka mempunyai arti penting terhadap sriwijaya dalam dunia maritim. Karena banyak kapal-kapal yang melakukan aktifitas perdagangan yang menghasilkan pajak masuk bagi kerajaan sriwijaya.
C.KEHIDUPAN BUDAYA
Walaupun menjadi pusat perkembangan ajaran agama budha pada masanya tetapi tidak banyak peninggalan kerajaan sriwijaya yang berupa candi-candi ataupun arca-arca budha sebagai tanda kebesaran kerajaan sriwijaya.

DAFTAR PUSTAKA

  Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 2 kelas XI program ips.jakarta.penerbit erlangga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar